Breaking News
recent

Kisruh Rohingya, Lima WN Myanmar Tewas Diparang di Malaysia



KUALA LUMPUR – Pembunuhan lima pekerja Myanmar di Selangor pekan lalu membuat pemerintah negeri itu mengeluarkan peringatan keselamatan kepada warganya yang berada di Malaysia.

Pasalnya, insiden ini terjadi di tengah ketegangan hubungan kedua negara terkait situasi yang dialami warga minoritas Rohingya.

Pada Kamis, 6 Januari 2017, empat orang bertopeng menyerang dan membacok para pekerja Myanmar yang baru saja meninggalkan pabrik di Distrik Serdang, Selangor. Lima pekerja tewas dan dua lainnya luka-luka akibat serangan ini.

Diwartakan South China Morning Post, Selasa (10/1/2017), polisi Malaysia telah menahan tujuh orang warga Myanmar yang diduga terlibat dalam penyerangan.

Polisi juga tidak melihat serangan ini tidak didasari oleh motif keagamaan dan pembalasan untuk warga Rohingya di Myanmar.

Meski begitu, juru bicara Pemerintah Myanmar Zaw Htay mengatakan, instruksi keselamatan telah dikeluarkan pada Senin, 9 Januari, bagi para pekerja Myanmar di Malaysia. Mereka diminta untuk segera menghubungi kedutaan.

Myanmar sebenarnya telah menghentikan pengiriman pekerja ke Malaysia sejak bulan lalu. Keputusan itu diambil setelah Perdana Menteri (PM) Malaysia Najib Razak menyebut perlakuan Myanmar terhadap warga minoritas Muslim Rohingya sebagai sebuah genosida.
KOMENTAR
Powered by Blogger.