Breaking News
recent

Turki Bingung Koalisi AS Pakai Pangkalan Incirlik Tapi Tak Dukung Operasi Eufrat



Turki mulai mempertanyakan penggunaan pangkalan udara Incirlik oleh pasukan koalisi barat anti-ISIS karena AS gagal mendukung ofensif Turki melawan militan Islamic State (ISIS) ke wilayah al-Bab.

Pernyataan tersebut dilontarkan Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu seperti dilaporkan kantor berita Turki, Anadolu.

"Rakyat kita bertanya 'mengapa mereka (pasukan koalisi) menggunakan Pangkalan Udara Incirlik (jika koalisi tidak mendukung operasi Tameng Eufrat). Kami membolehkan tidak hanya AS namun juga jet-jet negara lain menggunakan Incirlik untuk bersama memerangi jihadis," kata Cavusoglu.

"Apa tujuan Anda semua jika Anda semua tidak memberikan dukungan udara melawan ISIS dalam operasi kami yang paling sensitif," sambung dia.

"AS adalah sekutu paling penting kami. Kami berharap kerja sama pada semua lapangan. Tetapi ada realitas krisis kepercayaan dalam hubungan untuk saat ini," kata Cavusoglu.

Turki tidak puas AS mendukung milisi Kurdi Unit Perlindungan Rakyat (YPG) -yang dianggap Turki teroris- di Manbij yang malahan mendapat pasokan senjata dari AS.

"Dengan memberikan senjata kepada YPG, maka AS lebih memilih organisasi teroris ketimbang sekutunya," kata dia.
KOMENTAR
Powered by Blogger.